Saksikan Besok Akan Ada Gerhana Matahari Cincin

Fenomena alam yang terkait dengan pergerakan benda-benda langit yaitu perihal yang amat menarik untuk disaksikan. di antaranya yaitu momen gerhana, terutama gerhana matahari. momen yang langka serta belum pasti tiap-tiap th. tampak dari tanah air selanjutnya dapat berlangsung lagi th. ini, tepatnya besok pagi, jumat ( 10/5/2013 ).

Di antara astronom indonesia dari itb, moedji raharto menyebutkan bahwa besok pagi dapat berlangsung momen gerhana matahari cincin. tetapi demikianlah dia meneruskan bahwa penampakan gerhana matahari cincin cuma dapat disaksikan oleh beberapa masyarakat yang ada di jalur gerhana saja serta tidak bisa dilihat prima oleh masyarakat dari area yang lain.

Kebetulan untuk momen gerhana besok, indonesia tidak ada didalam lokasi jalur gerhana hingga yang kemungkinan tetap dapat lihat penampakan gerhana matahari cincin yaitu beberapa masyarakat yang tinggal di lokasi indonesia timur. jalur gerhana matahari cincin saat ini melalui australia serta lokasi samudera pasifik.

Momen gerhana matahari cincin berlangsung dikarenakan sudut matahari semakin besar daripada diameter sudut bln.. mengakibatkan tetap tersisa berkas cahaya yang kuat untuk tampak dari bumi. hingga gerhana matahari cincin tidak menyebabkan situasi gelap layaknya gerhana matahari keseluruhan.


Untuk kawasan Indonesia, penampakan yang akan terlihat adalah Gerhana Matahari Sebagian (GMS). Waktunya pun berselang dari kota satu ke kota yang lainnya. Gerhana akan dimulai dari kawasan kota-kota di wilayah timur baru ke barat. Misalnya di Yogyakarta, matahari akan terbit dalam keadaan gerhana yang berakhir pada pukul 06.27 WIB. Sedangkan untuk kota yang lebih timur, gerhana akan cenderung berlangsung lebih awal, dan untuk yang lebih barat baru setelahnya dalam selang beberapa menit.

This entry was posted in . Bookmark the permalink.

Leave a reply