Dengan semakin majunya pasaran otomotif saat ini, tentunya tidak luput dari perhatian para produsen otomotif, salah satunya adalah Toyota. Toyota mengincar 30 persen pasar hatchback (sedan buntung) kecil dengan kapasitas mesin antara 1.000 – 1.200 cc.
Saati ini permintaan pasarnya sedang tumbuh.
Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan, pada peluncuran Toyota Etios Valco, di Jakarta, Senin kemarin mengatakan “Pasar hatchback kecil di bawah 1.500 cc terus tumbuh. Dalam empat tahun terakhir pertumbuhannya mencapai 805 persen,”
Selanjutnya Ia juga mengatakan, pada 2009 penjualan hatchback kecil baru mencapai sekitar 4.664 unit, akn tetapi pada 2012 telah menjadi 42.206 unit. Jumlah itu naik 28,8 persen dibandingkan tahun 2011 yang hanya mencapai 32.764 unit.
Pada Saat ini sudah begitu banyak merek bermain di segmen tersebut antara lain Nissan March, Mitsubishi Mirage, dan Honda Brio.
“Kami berharap Toyota Etios Valco mampu meningkatkan permintaan pasar di segmen hatchback kecil yang tengah tumbuh,” kata Direktur Pemasaran TAM Joko Trisanyoto.
TAM, lanjut dia, menargetkan penjualan Etios Valco sebanyak 2.000 unit per bulan atau sekitar 19.000 unit selama tahun 2013. Joko sangat optimis karena model ini akan diterima konsumen Indonesia. Desainnya sangat sesuai dengan realitas yang ada di negeri ini.
Perbedaan hatchback 1.200 cc itu dengan Etios yang lebih dulu dipasarkan di India sejak 2010, kata dia, antara lain ground clearance-nya lebih tinggi, yaitu 170mm, guna mengantisipasi kondisi jalan yang kasar dan banjir.
Lain dari pada itu, lanjut Chief Engineer Akio Nishimura, Etios Valco yang dipasarkan di Indonesia mempunyai keamanan bintang empat dengan fitur airbag di bagian pengemudi dan penumpang. Etios Valco dipasarkan dengan harga on the road Jakarta untuk tipe J dengan harga Rp135,5 juta per unit, tipe E seharga Rp149,9 juta per unit, dan tipe G dengan harga Rp161,6 juta per unit.