Janganlah Remehkan Kebaikan Walau Cuma Sedikit

Diriwayatkan oleh muslim bahwa Nabi SAW bersabda”jangan remehkan kebaikan walau cuma sedikit, meskipun bersua saudaramu dengan muka ceria” 
Aisyah ra. bersedekah dengan setangkai kurma. Orang-orang lantas ajukan pertanyaan kepadanya perihal perihal itu. dia menjawab, “setangkai itu terdiri dari beberapa biji, Allah ta’ala berfirman, “barang siapa kerjakan kebaikan seberat dzarrah, niscaya dia dapat lihat ( balasan ) nya” ( az-zalzalah 99 :1 ) 


Kerjakan kebaikan meskipun sedikit serta kecil dimatamu. anda tidak tahu kebaikan manakah yang dapat memasukkanmu ke dalam surga. Pelacur dari kelompok Bani Israil masuk ke di dalam surga dikarenakan memberikan minum seekor anjing dengan ikhlas dikarenakan Allah. 

Bersemangatlah saat melakukan kebaikan dengan seluruh warna serta bentuknya. lapangkanlah orang yang tertimpa musibah. Berilah orang miskin. Tolonglah orang yang dizalimi. Berilah makan orang yang lapar. Berilah minum orang yang kehausan. Jenguklah orang yang sakit. Antarlah jenazah. Sedekahkanlah makananamu. Perbaikilah pekataanmu. Jauhilah tindakan kasarmu dikarenakan itu dapat jadi sedekah bagimu. 

Sebenarnya arti-makna yang indah serta sifat-sifat yang mulia ini yaitu di antara karena yang mendatangkan kebahagian, kelapangan dada, mengusir keresahan, kegelisahan, kerisauan, serta rasa sedih.

This entry was posted in . Bookmark the permalink.

Leave a reply